SC Komputer? Ngapain aja? (1)



SC Komputer? Ngapain aja?


Kalo denger kata komputer apa sih yang ada di benak kalian? Game? Youtube? Nonton film? Ya emang sih itu hal-hal yang bisa dilakukan di komputer, tapi jelas bukan itu yang kita pelajarin. “Trus belajar apa dong di sc komputer? Belajar cara ngetik kah? Cara pake excel?” Ya mungkin itu beberapa pelajaran komputer dulu pas sd, tapi karena kita adalah kesatuan dari grup Science Club, maka yang akan jadi bahan ajar kita adalah……..

Computer Science

“Computer Science? Apa pula itu?” Ya kata itu mungkin terdengar awam bagi banyak orang. Ilmu komputer (bahasa InggrisComputer Science), Secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrogramanperangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun, kedua istilah tersebut sering disalah artikan oleh banyak orang.
Source-wikipedia


          “Rekayasa perangkat lunak? Jadi kita kayak bikin-bikin program gitu?” Ya bisa dibilang itu adalah titik terjauh kita. Tapi sebelum kita sampai di tahap itu, ada banyak hal-hal mendasar yang harus kita pelajari. Nah selama di sc komp ini, kita akan belajar banyak hal-hal dasar sebelum nanti kita terjun ke dunia programming (rekayasa perangkat lunak). Nah, apa aja sih yang akan kita pelajarin?





                                                                           Logika

Nah yang akan kita pelajari pertama adalah logika. “Logika? Emang bisa dipelajarin?” Jelas tidak bisa , tapi disini kita akan memicu perkembangan pemikiran logika. Kenapa harus dipicu? Karena komputer berhubungan dengan bagaimana cara kita menyelesaikan suatu masalah, nah untuk hal ini, logika yang kuat adalah hal yang harus dimiliki oleh anak-anak komputer pada umumnya. Kecerdasan kita dalam memecahkan masalah, kekreatifan dalam menemukan jawaban, cara pikir kita supaya bisa ‘out of the box’, dll. Itu semua akan dipicu didalam sc komp, supaya kita dapat berpikir secara logical dalam penemuan masalah.


Nah cara ngelatihnya gimana? Simple, teka teki.
Pernah denger apa itu riddle? Riddle itu adalah pertanyaan-pertanyaan menjebak yang mempunyai jawaban relatif mudah tetapi sulit untuk ditemukan. Nah riddle membutuhkan deduksi, logika, dan penarikan kesimpulan yang bagus untuk bisa memecahkannya. Di sc komp ini, kita bakal ketemu banyak pertanyaan (Yang seru dan gokil) untuk memacu pemikiran kita berpikir logika. Ini kenapa bidang logika ini adalah yang terasik dan teringan (menurut saya sih).


Contoh soal logika :

Ayah Andi adalah pekerja malam. Ia memiliki 5 anak, dan memberi makan anak-anaknya pada jam yang berbeda-beda. Jono (anak pertama) diberi makan pagi hari, Jana (anak kedua) diberi makan jam 11 siang, Jini (anak ketiga) diberi makan jam 2 siang. Jene (anak ketiga) diberi makan sore hari. Siapa yang mendapat makan malam hari?



Penasaran Lebih Lanjut ? Stay Tune ^_^

Written By : Joyada Gultom (SC KOM)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
15 January 2018 at 19:46 delete

weh mantep beneran di post wkwkkwkw

Reply
avatar